Tips Beauty, Tips Perawatan Kulit, Tips Perawatan Wajah

7 Langkah Cara Mudah Hilangkan Bekas Sunburn, Yakin Nggak Mau Cobain Caranya?

Kamu pernah mengalami kulitmu jadi kemerahan dan terasa panas karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung? Kondisi kulit seperti itu disebut dengan istilah sunburn, atau kulit terbakar oleh matahari.

Memang keadaan ini tidak berbahaya. tetapi jika terjadi terus-menerus akan merusak, kulitmu akan iritasi dan menjadi kering. Efek sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari memang tidak bagus bagi kesehatan kulit wajah. Meskipun terlihat susah dihilangkan, berikut ada tips cara mudah menghilangkan bekas surnburn, simak yuk.

1.Mengompres Dengan Air Dingin Pada Area Yang Mengalami Sunburn

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pertolongan pertama pada area yang terkena sunburn adalah mengalirinya dengan air. Lakukan dengan berdiri di bawah air mengalir atau berendam sementara di laut atau kolam jika kamu berada di dekatnya. Setelah kurang lebih 5 menit kamu bisa melanjutkan dengan mengompresnya dengan air dingin atau es batu. Namun untuk kompres es batu jangan langsung kontak dengan kulit ya.

Info Tambahan Untuk Kamu: Ketahuilah! Ini Makna Jerawat Dilihat Dari Posisinya

2. Gunakan Pelembab Untuk Meredakan Luka Bakar

Kamu bisa pakai pelembab yang mengandung lidah buaya untuk membantu meredakan luka bakar akibat sunburn. Kalau rasa perih terasa, ada baiknya kamu beli krim kortison yang dijual bebas tanpa resep dokter. Gunakan sampai luka bakar mereda dan tidak terasa perih lagi jika terkena pelembab atau produk lainnya.

3. Banyak Minum Supaya Tidak Dehidrasi

Sunburn dianggap sebagai luka bakar, kondisi tersebut menarik cairan tubuh ke permukaan untuk mendinginkan luka bakar. Apa akibatnya? Akibatnya tubuhmu akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan didalam tubuh. Oleh sebab itu penting untuk banyak minum agar tubuhmu tidak semakin dehidrasi.

4. Jangan Memegang Kulit Jika Mengalami Sunbrun

Jika sunburn parah sampai muncul lepuhan, jangan sekali-kali kamu memegangnya apalagi memencetnya, karena lenting ini mengandung pelindung. Memencet lepuhan hanya akan membuat penyembuhan lebih lama dan meningkatkan resiko infeksi pada lukamu. Cukup bersihkan secara perlahan dan tutup dengan kasa steril jika perlu.

5. Jika Sudah Kering Kelupas Dengan Lembut

Dalam beberapa hari daerah yang terkena sunburn pasti akan kering dan mengelupas. Ini adalah proses regenerasi alami dari tubuh, mengganti kulit yang rusak dengan yang baru. Saat kulit mengelupas, kamu bisa gunakan pelembab agar tidak kering dan terasa kaku. Jika kamu mau mengelupas kulit yang sudah mengering dan akan terlepas, lakukan dengan lembut.

Info Tambahan Untuk Kamu: Bingung Menyimpan Produk Kecantikan? Perhatikan Cara Yang Benar Berikut Ini

6. Lindungi Kulit Saat Dalam Masa Pemulihan

Kenakan baju yang mampu melindungi kulit kamu dari terpaan sinar mentari, agar tidak terjadi sunburn kembali. Pastikan baju yang kamu kenakan untuk berkegiatan di luar adalah baju yang menutup bukan yang terbuat dari bahan tembus cahaya. Hal ini bertujuan agar luka sunburn tidak terpapar UV dari sinar matahari.

7. Pergi Ke Dokter Jika Diperlukan

Jika sunburn yang terjadi sangat parah, hingga ken sebagian tubuhmu dan mengalami demam atau menggigil, serta gejala lainnya. Ada baiknya kamu segera menghubungi dokter guna mencari bantuan medis untuk mengatasi keadaanmu. Jangan menggaruk luka tersebut agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah, tanda infeksi adalah terdapat nanah atau garis merah.

Walaupun bekas sunburn pada kulit akan menghilang sendiri, namun terpapar sinar UV dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Sehingga mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengembalikan warnanya seperti semula.

Juga bisa terjadi kerusakan pada kulit yang dapat menyebabkan kanker kulit pada akhirnya. Itu kenapa kamu penting menggunakan cream wajah yang juga mengandung sunblok lho, biar wajah nggak mengalami yang namanya sunbrun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *