Tips Beauty, Tips Perawatan Kulit, Tips Perawatan Wajah

Apa sih Bedanya Purging Dan Breakout Pada Wajah?

Apakah kamu pernah mendengar istilah purging dan breakout? Kata purging dan breakout tidak terlepas dari yang namanya jerawat. Bahkan tidak jarang kamu mendengar istilah jerawat puging dengan jerawat breakout. Jerawat purging adalah jerawat yang disebabkan proses purging sedangkan jerawat breakout adalah jerawat yang muncul akibat proses breakout.

Lalu sebenarnya apa bedanya purging dan breakout ini? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap perbedaan diantara keduanya. Sehingga kamu bisa mengidentifikasi dengan baik jerawat yang tumbuh di wajah kamu.

1. Perbedaan Berdasarkan Pengertiannya

Pengertian dari purging dan breakout ini sangat berbeda. Purging merupakan suatu kondisi munculnya jerawat karena proses pembersihan wajah dengan menggunakan suatu produk. Tentu saja ini artinya jerawat yang muncul merupakan indikasi yang baik. Jerawat yang mucul ini akan membuat wajah kamu menjadi bersih. Hal ini berbeda dengan breakout, breakout adalah kondisi dimana jerawat muncul akibat reaksi alergi atau ketidak sesuaian produk dengan kulit wajah. Itu artinya breakout merupakan kondisi dari efek samping yang tidak diinginkan.

Kamu Juga Wajib Tahu : Pori-Pori Besar Pada Kulit Wajah? Jangan Minder, Yuk Segera Atasi

2. Perbedaan Berdasarkan Tempatnya

Tempat tumbuhnya jerawat juga berbeda antara purging dan breakout. Pada kasus purging jerawat biasanya tumbuh pada area wajah yang memang biasanya kita memiliki jerawat pada bagian tersebut. Misalnya jika kamu biasa jerawatan di bagian pipi, maka jerawat tersebut juga akan muncul di pipi. Tentu saja ini berbeda jika kamu mengalami breakout. Jerawat breakout akan tumbuh dimanapun bahkan di tempat yang biasanya anda tidak pernah berjerawat pada bagian tersebut.

3. Perbedaan Berdasarkan Tingkat Bahayannya

Berdasarkan tingkat bahanya antara purging dan breakout juga berbeda. Jerawat breakout lebih berbahaya dibandingkan jerawat purging. Hal ini dikarenakan kondisi breakout mengindikasikan bahwa kulit wajah kamu tidak sanggup atau tidak cocok menggunakan produk tersebut.

Kondisi breakout ini juga merupakan bagian dari respon kulit wajah yang mengalami alergi. Ketika kamu alergi tentu kondisi ini akan bisa menjadi semakin parah. Pada purging jerawat berangsur-angsur akan pulih sedangkan pada breakout risiko membesar dan meradangnya lebih tinggi.

4. Perbedaan Berdasarkan Bahan Penyebabnya

Bedanya purging dang breakout berikutnya bisa dilihat dari bahan-bahan penyebabnya. Purging biasanya disebabkan oleh produk pembersih wajah yang bisa mengelupas kulit. Mengelupas kulit disini merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Bahan-bahan yang bisa menyebabkan purging antara lain lactid acid dan tretinoin.

Sedangkan pada breakout biasanya merupakan produk yang menggunakan produk berbahan oil atau cream yang dapat menutupi pori-pori wajah. Hal ini menyebabkan pori-pori tertutup dan menimbulkan jerawat.

Kamu Juga Wajib Tahu : Rangkaian Perawatan Bio Pigmentation Light Therapy Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kulit

5. Perbedaan Berdasarkan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi kondisi purging dan breakout juga berbeda. Pada kondisi purging, kamu harus tetap melanjutkan penggunaan produk. Hal ini dikarenakan dapat mempercepat pembersihan wajah secara menyeluruh. Namun sebaliknya, pada kondisi breakout, kamu harus segera menghentikan pemakaian produk.

Jika pemakaian produk dilanjutkan maka besar kemungkinan kulit wajah kamu akan semakin parah. Pada kondisi breakout sebaiknya segera lakukan perawatan detoksifikasi wajah. Hal ini berguna mengangkat bahan-bahan aktif dari kulit wajah yang tidak bisa diterima dengan baik oleh wajah.

Itulah bedanya purging dan breakout yang perlu kamu ketahui. Jadi, ketika kamu mengalami kondisi jerawat yang lumayan banyak dan muncul secara tiba-tiba kamu bisa mengidentifikasinya. Bisa jadi jerawat tersebut muncul akibat dari penggunaan produk kecantikan. Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan produk-produk yang berbahan alami. Produk yang berbahan alami sangat minim akan efek samping berupa jerawat yang beruntusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *