Produk & Treatment, Tips Perawatan Kulit, Tips Perawatan Wajah

Kulitmu Kering Atau Malah Berminyak? Cek Perawatan Yang Sesuai Yuk

Sudah tahu apa kulitmu masuk jenis yang mana? Kering, berminyak atau kombinasi? Jika belum mengetahuinya segera cari tahu dari sekarang. Mengapa kamu harus repot-repot mencari tahu jenis kulitmu?

Bukan tanpa sebab, mengetahui jenis kulit akan mempermudah dalam memilih dan melakukan perawatan. Kesehatan adalah anugerah, termasuk kesehatan kulit yang harus dijaga dengan perawatan yang benar.

Lalu bagaimana cara mengetahui ciri jenis kulit kering atau berminyak? Yuk, simak ulasan tentang cara menentukan jenis kulit di bawah ini.

1.Menggunakan Tisu Untuk Mengetahui Kadar Minyak

Caranya mudah cukup menempelkan tisu wajah pada semua area di wajah. Cuci bersih wajahmu sehingga tidak ada sisa kotoran dan make up. Lalu tempelkan tisu wajah sekitar satu jam setelah dibersihkan, dalam keadaan suhu ruang.

Info tambahan untuk kamu: Wow, Ternyata Agar Krim Wajah Bekerja Efektif, Ini Harus Kamu Perhatikan

Mula-mula tempel dan tekan-tekan pada area T-zone, kemudian lakukan hal yang sama pada area lainnya. Lihat bagaimana minyak yang menempel di tisu wajah tadi, kamu bisa menyimpulkan jenis kulitmu setelah melihatnya. Jika tisu penuh dengan minyak yang menempel di pastikan kulitmu berminyak, sebaliknya jika bersih maka kulitmu adalah jenis kering.

2. Menggunakan Cermin Untuk Mengamati Ciri Fisik Kulit Yang Tampak

Dengan panduan ciri jenis kulit kering dan berminyak, gunakan cermin cembung untuk mengamati wajah anda. Perhatikan semua ciri fisik yang ditunjukkan kulit mu, seperti ada tidaknya lemak atau minyak, ataukah nampak kering, ataukah ada iritasi yang terlihat. Setelah mengamati kulitmu di cermin, kamu akan bisa menentukan termasuk jenis kulit apa itu.

3. Melihat Pori-Pori Wajah Dengan Seksama

Amati pori-pori pada wajahmu dengan seksama, maka kamu akan bisa menentukan jenis kulitmu. Jika pori-pori yang terlihat menyerupai kulit jeruk, bisa dipastikan jenis kulitmu adalah berminyak. Namun jika pori-pori hampir tak terlihat dan tidak ada minyak yang menempel, kulitmu adalah jenis kulit kering.

4. Mencubit Pipi Untuk Mengetahui Kelembaban Kulit

Cara mudah lainnya mengetahui jenis kulitmu adalah dengan mencubit kulit di bagian  pipi, untuk melihat kekenyalan dan kelembaban kulitmu. Jika terasa terdapat sisa-sisa minyak pada kulit jari setelah mencubit pipi, maka bisa disimpulkan kulit anda berminyak. Sebaliknya jika tangan anda kering tanpa minyak setelah mencubit pipi, maka kulit anda termasuk kering.

5. Menempelkan Kertas Minyak Untuk Melihat Kadar Minyak Di Wajah

Cara ini hampir sama dengan menggunakan tisu, namun alat yang digunakan berbeda yaitu kertas minyak. Tujuannya sama untuk mengetahui kadar dan distribusi minyak pada wajah.

Info tambahan untuk kamu: Wah, Jadi Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit di Malam Hari

Tempelkan kertas minyak pada area T-zone, kemudian lakukan hal yang sama di area lainnya. Lalu kamu bisa menyimpulkan apa jenis kulitmu dengan melihat banyak sedikitnya minyak yang tertempel pada kertas minyak.

Pilihan Produk Wajah Yang Cocok Untuk Kulit Kering Dan Berminyak?

Memiliki kulit kering atau pun berminyak memang perlu penanganan khusus, karena ciri jenis kulit kering dan berminyak berbeda. Kulit kering mudah teriritasi, sedangkan kulit berminyak mudah berjerawat, jadi harus dirawat dengan benar dan dengan produk wajah yang sesuai juga.

Kamu bisa menggunakan Face Tonic yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit wajahmu serta mengencangkan kembali kulit setelah dibersihkan. Klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center menghadirkan rangkaian Face Tonic yang bisa dipilih sesuai jenis kulit. Hmm... untuk kulit berminyak, kamu bisa gunakan Face Tonic Apple, sedangkan untuk kulit kering kamu bisa memilih Face Tonic 2 in 1 For Dry Skin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *