Tips Beauty, Tips Perawatan Rambut

Kulit Kepala Sering Terasa Kering? Ini Lho Penyebab Kulit Kepala Menjadi Kering

Masalah rambut memang menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan bagi penampilan seseorang terutama perempuan. Salah satunya adalah penyebab kulit kepala kering yang terkadang sampai mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan penggunaan shampo ataupun perawatan rambut, hingga keadaan atau kondisi tertentu lingkungan sekitar yang menyebabkan rambut kita mengalami kerusakan.

Tentunya berbagai perawatan pun akan rela dilakukan demi mendapatkan kembali rambut dan kulit kepala yang lembab, berkilau, dan sehat bercahaya.

Masalah Pada Kulit Kepala Kering

Ketika memiliki kulit rambut yang sehat, tentunya kamu juga akan memiliki jenis rambut yang sehat pula. Namun apa jadinya jika kulit kepala kamu kering? Tentunya akan ada banyak masalah rambut yang dihadapi, seperti berketombe, rambut mudah patah, dan masih banyak lagi.

Hal semacam itu akan sangat mengganggu penampilan dan hilangnya kepercayaan diri. Bahkan dengan kulit kepala yang kering bisa menjadi sebuah pertanda dari suatu penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis.

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebabnya, selain faktor usia faktor-faktor eksternal juga banyak mempengaruhi kondisi kulit tersebut. Yang apabila tidak segera diatasi akan menjadi lebih parah bahkan dapat mengganggu kesehatan rambut.

Kamu Juga Wajib Tahu : Stop Pencet Jerawat! Ini Alasan Kenapa Dilarang Untuk Memencet Jerawat

Penyebab Kulit Kepala Menjadi Kering

Akan ada beberapa faktor atau penyebab dari keringnya kulit kepala. Yang diantaranya akan dijelaskan dalam pembahasan berikut ini. Berikut beberapa penyebab kulit kepala kering yang dapat mungkin bisa menjadi sedikit informasi buat kamu.

1. Paparan Sinar Matahari

Banyaknya aktivitas di luar ruangan menyebabkan tubuh terutama kepala akan sering terpapar sinar matahari. Hal itu mungkin tidak kamu sadari menjadi salah satu penyebab keringnya kulit kepala. Paparan sinar matahari secara terus menerus akan menghilangkan kelembaban kulit rambut. kamu bisa menggunakan bantuan seperti topi atau kerudung untuk meminimalisir masalah tersebut.

2. Penyakit Kulit

Salah satu penyebab kulit kepala  kering yang sering terjadi adalah karena adanya penyakit kulit. Penyakit ini ditandai dengan kulit kepala yang menimbulkan sisik kering yang disertai dengan rasa gatal. Biasanya penyakit ini sering menyerang kulit kepala anak-anak maupun orang tua. Iritasi dan gangguan kulit menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kulit rambut seperti eksim dan psoriaris.

3. Penggunaan Shampo

Tipe dan jenis rambut seseorang akan sangat mempengaruhi shampo yang akan digunakan. Namun tak jarang mereka tidak terlalu memperhatikannya dengan menggunakan berbagai macam dan merk shampo. Penggunaan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering hingga menimbulkan masalah ketombe pada rambut.

4. Residu Produk Rambut

Penyebab kulit kepala kering yang selanjutnya adalah kebersihan penggunaan produk untuk kepala yang tidak terjaga. Hal ini akan menyebabkan residu dari produk rambut yang sering digunakan. Sisa-sisa produk yang diaplikasikan ke rambut yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menjadi salah satu penyebab keringnya kulit kepala.

Kamu Juga Wajib Tahu : 6 Facial Yang Harganya Di Bawah 100 Ribu! Nyesel Deh Kalau Nggak Coba

5. Tidak Menggunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner untuk melengkapi shampo merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Kondisioner akan memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi kelembutan dan kelembaban pada rambut. gunakan kondisioner secara rutin setelah penggunaan shampo untuk mendapatkan rambut yang bebas dari kulit kepala yang kering.

Itulah beberapa penyebab kulit kepala kering yang biasanya tidak banyak diperhatikan oleh seseorang. Dengan kulit kepala yang sehat tentunya seseorang akan memiliki rambut yang lebih sehat pula. Yang tentunya akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari baik di dalam ataupun di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *