Tips Beauty, Tips Perawatan Kulit, Tips Perawatan Wajah

Mencampur Skincare Boleh Nggak Sih?

Suka baca ulasan di blog kecantikan mengenai campuran produk A dan B yang bisa menghasilkan manfaat pada kulit wajah? Duh, tunggu dulu deh. Jangan gegabah mencampurkan produk skincare sebab bisa merusak kulit loh! Misal kamu pakai krim siang A lalu memakai krim malam B ternyata bisa memberiken efek negatif. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak fakta skincare campuran yang berbahaya bagi kesehatan kulit berikut ini.

Efek dari mencampur skincare
Keburukan dari pemakai produk skincare adalah keinginan tampil menawan dalam jangka waktu cepat. Ingin menuai hasil sempurna, mereka mencampurkan berbagai krim perawatan. Padahal, ada beberapa kandungan bahan skincare yang tidak boleh dicampur loh!
1. Benzoyl Peroxide dan Antioksidan
Benzoyl Peroxide merupakan radikal bebas yang bisa membunuh kuman penyebab jerawat. Sedangkan, antioksidan adalah pembasmi segala radikal bebas yang masuk ke kulit. Coba bayangkan jika kamu mencampurkan kedua bahan yang memiliki khasiat berbeda tersebut! Efek dari mencampur skincare bisa membuat kamu tidak mendapatkan khasiat apa-apa.
2. Vitamin C dan Exfoliating Acid AHA/BHA
Exfoliating acid seperti AHA dan BHA akan membuat vitamin C dalam produk menjadi tidak aktif. Sehingga disarankan menggunakan dua jenis produk tersebut secara terpisah.
3. AHA dengan air
Jika kamu menggunakan produk cleanser mengandung AHA sebaiknya biarkan menempel pada wajah selama satu menit terlebih dahulu. Hal ini dianjurkan agar produk bisa mengeksfoliasi wajah sebelum kamu membilasnya dengan air.
4. Probiotics dan Antimicrobials
Bahan probiotics mengandung bakteri hidup yang berfungsi menjaga kulit wajah. Penggunaan bahan antimicrobials dikhawatirkan bisa membunuh kehidupan para bakteri hidup tersebut.
5. Microdermabrasion dan retinol
Perawatan menggunakan bahan microdermabrasion akan membuat kulit terasa lebih lunak sehingga tidak disarankan menggunakan retinol. Menggunakan skincare campuran yang tidak berdasarkan petunjuk dokter kecantikan bisa mengakibatkan masalah pada kulit wajahmu.

Sebaiknya kamu memastikan bahwa produk skincare yang digunakan terbuat dari bahan alami. Jangan asal memakai produk skincare campuran yang tidak diketahui kandungannya sebab akan merusak kulit wajah. Nah, pastikan juga agar kamu berkonsultasi terlebih dahulu tentang jenis dan masalah kulitmu pada dokter/ahli kecantikan ya.

Pengunjung Juga Membaca

  • boleh nggak sih memakai skincare campur campur
  • efek mencampur skin care bermerkuri dan skin care alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *