Tips Beauty, Tips Perawatan Kulit, Tips Perawatan Tubuh

Minyak Lavender Nggak Hanya Atasi Kulit Kering, Juga Untuk….

Kulitmu kering dan bersisik? Pasti bikin nggak pede kan? Tenang, ada bahan alami yang ampuh digunakan untuk atasi kulit bersisik, yakni minyak lavender. Minyak lavender merupakan minyak esensial yang diekstraksi dari tanaman lavender. Bahkan, bahan alami ini sudah lama digunakan untuk berbagai pengobatan dan bahan baku kosmetik. Kandungan utama minyak esensial ini adalah linalool (51%) dan linalyt asetat (35%). Nah, senyawa-senyawa inilah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit lho. Manfaatnya bukan hanya menangani masalah kulit keringmu aja namun juga bermanfaat untuk mengobati luka, perlindungan antioksidan, dan mengatasi jerawat. Hmm…yuk cari tahu info selengkapnya!

1. Mengobati Luka
Minyak esensial lavender sangat berkhasiat untuk mengobati dan melawan infeksi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan minyak ini mengandung linalool yang memiliki sifat antiseptik cukup kuat. Dengan demikian, minyak ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri dan virus. Kamu dapat menggunakan tips berikut untuk menggunakan lavender sebagai obat luka.

  • Kamu harus pastikan membeli minyak esensial lavender yang asli agar diperoleh hasil yang efektif,
  • Lakukan tes sebelum kamu mengoleskannya pada luka karena mungkin saja tubuhmu menolak (alergi),
  • Meneteskan satu tetes minyak lavender pada luka untuk menghentikan pendarahan dan ulangi 2 atau 3 kali sehari.

BACA JUGA: Wow, Ternyata Agar Krim Wajah Bekerja Efektif, Ini Harus Kamu Perhatikan

2. Perlindungan Antioksidan
Penyebab yang paling umum dari berbagai penyakit adalah radikal bebas seperti polutan, racun, bahan kimia, dll. Nah, berbagai radikal bebas ini dapat mematikan sistem kekebalan yang berujung pada berbagai kerusakan sistem dalam tubuh. Jadi, apa dong solusinya? Antioksidan! Tubuh akan merespon berbagai serangan radikal bebas tersebut dan memproduksi berbagai enzim antioksidan seperti superoxide dismutase (SOD), catalase, dan gluthione. Enzim-enzim ini dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan berbagai kerusakan dalam tubuh.

Faktanya nih, guys, tubuhmu dapat kekurangan antioksidan jika beban radikal bebas yang menyerang tubuhmu terlalu besar. Apalagi, jika pola makanmu buruk dan eksposur tinggi terhdap racun. Untungnya, ada herbal yang terbukti menjadi super hero antioksidan alami, yakni minyak esensial lavender. Bahkan, khasiatnya sudah dibuktikan dengan penelitian dari China. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa 22 jam setelah menggunakan minyak tersebut, tubuh akan memproduksi tiga enzim antioksidan paling kuat. Antioksidan tersebut yaitu catalase, SOD, dan glutathione.

3. Melambabkan Kulit Dan Menangani Masalah Kulit Kering
Senyawa linalool yang terdapat dalam minyak lavender sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kandungan minyak ini mampu untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dan juga nutrisi ke dalam setiap sel di kulitmu. Dengan demikian, kulitmu dapat lebih optimal dalam melakukan proses perbaikan diri atau regenerasi. Alhasil, kulit kering dan bersisikmu dapat teratasi dan orang-orang akan terpesona dengan kulit sehatmu. Cara mengatasi kulit busikan dengan minyak ini cukup mudah. Kamu cukup mengoleskannya dengan dicampur minyak zaitun dan minyak jojoba agar lebih efektif.

BACA JUGA: Jarang Diperhatikan, Ternyata 5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Jerawat Saat Kamu Tidur 

4. Mengatasi Jerawat
Minyak esensial lavender juga bisa mengobati jerawatmu, lho. Hal ini dikarenakan, minyak asensial ini mengandung antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat serta peradangannya. Caranya mudah yakni cukup mengoleskan minyak esensial ini pada jerawatmu yang hampir pecah. Ingat ya, cukup pada bagian jerawat saja dan lakukan dengan lembut!

Sekarang udah nggak bingung mencari cara menghilangkan kulit bersisik kan? Dengan memanfaatkan minyak lavender, kulit keringmu dapat segera teratasi. Bahkan, minyak ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kecantikan dan kesehatanmu yang lain seperti jerawat, luka, dan perlindungan antioksidan. Banyak banget ya keuntungan dan manfaat bahan alami seperti minyak lavender untuk kulit. Kamu tertarik mencoba bahan alami nggak nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *