Mitos Atau Fakta: Mens Menyebabkan Wajah Berjerawat?

0 Shares
0
0
0

Jerawat memang menjadi musuh bagi banyak orang. Faktor yang menyebabkan jerawat juga banyak. Bisa karena bakteri dan hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Salah satu penyebab ketidak seimbangan hormon pada wanita adalah menstruasi. Menstruasi atau yang sring di singkat menjadi “mens” adalah hal yang bisa menjadi faktor penyebab jerawat. Hal ini terjadi karena pada saat mens hormon estrogen dan testosteron akan meningkat produksinya. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan jerawat. Itulah penyebabnya kenapa banyak wanita yang sedang mens tiba-tiba memiliki jerawat. Kamu tidak perlu panik, saat jerawat mens ini datang. Biasanya jerawat ini akan hilang dengan sendirinya setelah periode mens selesai. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika jerawat mestruasi ini muncul. Sebut saja seperti tidak boleh memencet jerawat atau makan makanan tertentu. Semua itu dilakukan agar jerawat yang tumbuh tidak tambah parah dan bisa cepat hilang.

5 Hal Yang Pelu Dilakukan Saat Jerawat Mens Muncul

Jangan panik ketika jerawat mens muncul, kamu bisa melakukan beberapa cara agar jerawat tersebut cepat hilang. Kamu juga tidak perlu memencet jerawat tersebut agar cepat hilang. Memegang dan memencet jerawat bisa berakibat fatal. Berikut beberapa ha yang perlu kamu lakukan:

1. Kendalikan Stres
Kondisi jerawat mens yang kamu alami akan bertambah parah jika kamu stres. Untuk itu, jangan sampai kamu merasa stres. Hiburlah dirimu agar tidak sedih atau takut. Carilah kegiatan yang positif yang bisa kamu lakukan. Kegiatan positif ini bisa berUpa jalan-jalan dan bermain bersama anak-anak. Jika kamu sampai stres maka jerawat yang tumbuh akan lebih susah untuk disembuhkan.

2. Banyak Minum Air Putih
Banyak-banyak minum air putih juga membantu proses penyembuhan jerawat. Jangan sampai tubuh kamu mengalami dehidrasi saat minum menstruasi. Hal ini juga akan berdampak buruk pada jerawat kamu. Kulit wajah kamu akan menjadi kering dan sel kulit mati menumpuk. Tentu saja ini akan menjadi faktor jerawat bertambah banyak lagi. Sediakan minuman yang banyak di dekatmu saat kamu sedang mens.

BACA JUGA: Bener Nggak Sih Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat?

3. Makan Buah
Makan buah juga membatu untuk mengatasi jerawat. Hindari makanan berlemak tinggi seperti bakso dan gorengan. Makan gorengan akan membuat kulit kamu menjadi tambah berminyak. Oleh karena itu perbanyaklah makan buah dan makan sayuran. Vitamin C dan E yang terdapat di dalam buah akan membantu mengatasi bekas jerawat yang nanti akan ditimbulkan. Selain itu jerawat juga tidak akan meradang jika kamu rajin makan buah-buahan.

4. Rajin Olahraga
Lakukan olahraga ringan saat menstruasi. Olahraga ini akan membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Keringat yang keluar akan mengurangi kadar minyak yang ada dalam kelenjar kulit. Tentu saja hal ini akan membuat jerawat menjadi mengempes sedikit demi sedikit. Kamu bisa lari pagi, senam atau olahraga ringan lainnya. Olahraga ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kondisi hormon di dalam tubuh kamu.

5. Rajin Membersihkan Wajah
Wajah kamu harus senantiasa bersih dari kotoran dan sel kulit mata. Kamu harus rajin mencuci muka. Dengan rajin mencuci muka, muka kamu akan terasa dingin dan sejuk. Tentu hal ini berdampak baik pada kulit wajah kamu yang sedang berjerawat. Rajin mencuci muka juga dapat membantu proses penghilangan jerawat dengan sendirinya.

Lakuakan 5 hal yang ada di atas supaya kulit wajah kamu baik-baik saja selama menstruasi. Tapi, kamu juga perlu mengunakan produk yang bisa membantu mengatasi jerawat sebelum dan setelah mensturasi ya. Nah, pemilihan bahan alami bisa jadi solusi terbaik kamu lho. Tenang, nggak semua yang dari bahan alami itu harus kamu olah atau racik sendiri kok, percayakan aja perawatan wajahmu pada klinik kecantikan terbaik di kotamu. Eits tenang, nggak semua tempat facial menawarkan harga mahal kok.  Jadi udah siap punya wajah bersih bebas masalah kulit meski sedang haid belum?

BACA JUGA: Di Era Milenial, Perawatan Berbahan Alami Menjadi Pilihan. Kenapa ya?

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like