Cara Cerdas Menghemat Uang Bagi Kamu Yang Lagi Mencari Kerja

0 Shares
0
0
0

Baru lulus kuliah dan sedang mulai mencari kerja? Wah pastinya dana yang kamu miliki semakin terbatas ya. Kamu harus pintar-pintar mencari cara untuk menghemat dana yang kamu miliki. Nah gimana cara cerdas menghemat uang bagi yang sedang mencari kerja? Coba tipsnya yuk!

1. Catat Kebutuhan Bulanan Dengan teliti
Jangan beranggapan bahwa kamu bisa mengatur keuangan secara fleksibel tanpa perlu mencatatnya terlebih dahulu. Karena ingatan kita tidak akan mudah mengingat apa saja kebutuhan bulanan yang dibutuhkan dan berapa anggaran dana yang tersedia. Mulailah mencatat semua kebutuhan belanja pokok kamu dan menyusunnya secara bijak. Artinya kamu hanya memprioritaskan kebutuhan yang penting saja. Catat semua kebutuhan dalam kondisi santa sehingga kamu bisa lebih teliti dan berhati-hati. Coba pikirkan apa saja kebutuhan yang kamu perlukan selama satu bulan ke depan dan hitung berapa jumlah semua kebutuhan tersebut.

2. Belanja Bulanan Sekaligus
Berbelanja barang-barang bulanan secara mencicil memang ringan namun berbelanja seperti itu dapat membuat anggaran belanja semakin membengkak. Dari pada kamu bolak-balik berbelanja untuk kebutuhan bulanan kamu bisa berbelanja bulanan setu kali atau sekaligus. Perhatikan apa saja perlengkapan yang kamu butuhkan seperti peralatan mandi, makanan yang tahan lama dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa catatan belanja sebelum ke supermarket, hal ini agar kamu tidak membeli barang-barang lain yang kurang dibutuhkan.

BACA JUGA: Bener Nggak Sih Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat?

3. Cobalah Untuk Memasak Sendiri
Hilangkan kebiasaan manja dengan membeli makanan di luar ketika lapar. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan sendiri dengan memasak di rumah dan makan apa yang ada di meja makan. Jangan lagi membeli atau memesan makan dari luar apalagi secara online karena akan membuat bujet bulanan kamu kian menipis. Dengan memasak sendiri selain hemat juga menyehatkan tubuh dan bisa sesuai dengan selera kamu. Anggap aja sebagai latihan memasak sendiri sebelum nantinya berumah tangga.

4. Kurangi Kebiasaan Nongkrong
Cara cerdas menghemat uang bagi yang sedang mencari kerja yang terakhir adalah kurangi nongkrong. Buat kamu yang terbiasa nongkrong ketika masih kuliah, kayanya kamu harus mencoba mengurangi kebiasaan satu ini deh. Memang asik sih nongkrong bersama teman-teman bisa sharing banyak hal dan juga membuat happy. Namun sadar nggak sih kalo kebiasaan nongkrong akan memuat kamu lebih boros dan membuang waktu sia-sia. Alangkah lebih baiknya lagi jika kamu memanfaatkan waktu luang kamu untuk mencari lowongan-lowongan kerja yang ada baik secara online atau pun di papan informasi. Kamu juga bisa mencoba menambah kemampuan dengan latihan-latihan secara online.

Melakukan cara cerdas menghemat uang bagi yang sedang mencari kerja di atas bukan pekerjaan yang mudah. Karena ketika kamu boros membelanjakan uang yang dimiliki kamu bisa tidak memiliki uang pada akhir bulannya. Oleh karena itu lebih hemat dan disiplin lah dalam mengatur uang yang akan kamu belanjakan.

BACA JUGA: Stop Pencet Jerawat! Ini Alasan Kenapa Dilarang Untuk Memencet Jerawat

Meskipun kamu sedang berhemat, jangan sampai kamu melupakan perawatan rutin untuk wajah setiap bulan. Eits tenang aja, nggak semua facial mahal kok. Kamu hanya perlu mencari tempat facial yang aman, terjamin, dan terpenting dengan harga facial yang pas di kantongmu. Perawatan wajah penting lho buat kamu yang sedang mencari pekerjaan. Agar nantinya saat ada panggilan interview wajah kamu terawat dan sehat. Bisa dibayangkan nggak nanti kalo kamu nggak perawatan dan interview saat keadaan wajah buruk? wah pasti nggak PD yah. Yuk buruan deh rawat lagi kebersihan kulit wajah sebelum waktu interviewmu semakin dekat!

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like