Tips Perawatan Wajah

Kenapa Kulit Wajahmu Bisa Sensitif? Ternyata Karena…

Istilah jenis kulit sensitif mengacu pada keadaan kulit yang mudah mengalami ruam, gatal, terasa tersengat atau terbakar saat terkena bahan tertentu. Secara umum kulit sensitif terjadi akibat menipisnya lapisan kulit teratas sehingga mengganggu fungsi lapisan kulit tersebut. Keadaan tersebut megakibatkan penyimpanan air di dalam kulit berkurang serta mempermudah masuknya zat penyebab iritasi kulit. Sebenarnya apa penyebab kulit wajah sensitif atau lebih sensitif dari sebelumnya? Bisa disebabkan oleh banyak hal menurut dermatologist.

Beberapa penyebab kulit wajah sensitif adalah, penggunaan produk kecantikan, scrub berlebihan, terlalu banyak produk yang digunakan, tidak menggunakan pelembab, salah memilih produk dan tempat perawatan. Simak ulasannya dibawah ini agar kamu memahami penyebab kulit wajah menjadi lebih sensitif.

1. Produk Kosmetik Berbahan Retinol
Retinol adalah senyawa bentuk paling sederhana dari vitamin A, memiliki fungsi mengatasi garis-garis halus dan kerutan di wajah. Bahan ini cukup keras, karena memiliki cara kerja yang cepat dalam mengatasi kerutan. Jika kamu merasakan kulit memerah, terasa panas dan terbakar berarti kulit kamu cukup sensitif. Maka sebaiknya kamu menghindari pemakaian produk kosmetik yang menyebabkan kulit wajah menunjukkan tanda-tanda kulit sensitif.

BACA JUGA: Untuk Dapatkan Hasil Maksimal, Ini Cara Penggunaan Cream Wajah Yang Benar

2. Scrub Wajah Yang Terlalu Keras dan berlebihan
Melakukan scrubing pada wajah memang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah, dan akan membuat wajah menjadi cerah dan bersinar. Namun jika kamu melakukannya terlalu keras akan berakibat kulit wajahmu memerah dan menjadi sensitif karena lapisannya menipis. Saat menggunakan scrub sebaiknya lakukan dengan halus dan pijatan lembut saja pada wajah, agar kulit tidak terluka. Atau kamu juga bisa melakukan eksfoliasi saja cukup, gak perlu scrubing untuk menjaga lapisan kulit wajahmu tetap utuh.

3. Terlalu Banyak Produk Yang Digunakan
Merawat wajah memang baik dan keharusan, tetapi terlalu banyak menggunakan produk kosmetik berbahan kimia malah membuat kulitmu jadi sensitif. Seperti menggunakan produk kosmetik anti aging terkadang akan membuat kulit wajahmu menjadi sensitif. Kandungan zat asamnya, yaitu asam glikolik dan asam salisilat membuat kulitmu menjadi sensitif. Oleh karena itu pertimbangkan matang-matang jika ingin melakukan atau memilih produk perawatan kulitmu.

4. Menggunakan Pelembab Untuk Wajah
Pelembab atau losion atau krim berfungsi melembabkan dan mencegah kulit kering sehingga mudah mengalami iritasi. Namun bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan pelembab atau lotion bagi wajah. Karena menggunakan pelembab yang tidak sesuai untuk kulit sensitif malah akan menyebabkan reaksi iritasi.

BACA JUGA: Kulit Sawo Matang Atau Hitam Bisa Jadi Putih?

5. Salah Memilih Produk Kosmetik
Kesalahan dalam memilih produk kosmetik untuk wajah akan membuat kulit wajah mengalami kondisi kulit sensitif. Beberapa produk kosmetik menggunakan bahan yang keras untuk kulit wajah, sehingga akan mengurangi kelembaban alami kulit. Jika terjadi demikian maka kulit akan menjadi kering dan mudah mengalami iritasi. Jadi sangat penting untuk melihat komposisi produk kosmetik yang akan kamu gunakan, sebisa mungkin pilih yang berbahan alami. Pilih produk untuk kulit sensitif agar aman digunakan dan tidak menjadi penyebab kulit wajah sensitif.

6. Kesalahan Memilih Klinik Kecantikan Atau Tempat Perawatan
Keinginan memberi perawatan tambahan pada kulit wajah adalah hal yang wajar dilakukan perempuan. Jika ada waktu luang di akhir pekan maka pergi ke klinik kecantikan terdekat di kotamu dengan tujuan merawat wajah dan tubuh. Namun kamu harus berhati-hati dalam menentukan klinik kecantikan, agar kulitmu tidak malah menjadi kulit sensitif.

Itulah beberapa penyebab kulit wajah menjadi lebih sensitif, ternyata ada faktor dari dalam dan luar tubuh yang menyebabkannya juga ya. Nah sekarang kamu harus lebih care sama kulit wajahmu biar masalah kulit seperti merah-merah, jerawat, kulit kusam nggak datang menghampiri wajahmu.

Pengunjung Juga Membaca

  • retinol untuk kulit sensitif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *