Alasan Mengapa Makanan Pedas Menimbulkan Jerawat Pada Sebagian Orang

0 Shares
0
0
0

Wajah mulus tanpa jerawat adalah idaman semua orang, kamu wajib menjaga pola makan dan kebersihan wajah agar tidak menimbulkan jerawat. Pernah gak kamu dengar, makanan pedas bisa menyebabkan jerawat, itu fakta atau hanya mitos yaa? Jawabannya adalah bisa jadi fakta pada beberapa orang dan hanya mitos pada beberapa lainnya. Maksudnya adalah makan makanan pedas memang bisa menimbulkan jerawat pada sebagian orang yang sensitif. Berikut adalah alasan mengapa makanan pedas menimbulkan jerawat, misal ada alergi, makanan mengandung tinggi lemak. Kemudian tidak diimbangi dengan konsumsi makanan sehat setelah menyantap makanan pedas, makan secara berlebihan, dan tidak membersihkan muka. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan di bawah ini.

5 Alasan Mengapa Makanan Pedas Menimbulkan Jerawat
Mengapa makanan makanan pedas bisa menimbulkan jerawat pada sebagian orang dan sebagian lainnya tidak, hal itu ada alasannya. Alasan makanan pedas dapat menyebabkan jerawat timbul pada wajah sebagian orang adalah sebagai berikut:

1. Ada Bawaan Genetik, Alergi Terhadap Makanan Pedas
Jika masalahnya adalah jerawat karena alergi, maka hal ini mutlak pasti terjadi jika kamu mengkonsumsi pencetusnya. Jerawat memang bisa menjadi salah satu gejala alergi selain ruam dan gatal, akan muncul jika tercetus oleh makanan tertentu. Sebagian orang memiliki sifat genetic tertentu dan alergi terhadap makanan tertentu yang sudah terjadi turun temurun. Cara mengatasinya hanya satu, yaitu menghindari faktor pencetus, jika pedas adalah pencetusnya maka jangan makan makanan pedas agar tidak jerawatan.

2. Makanan Pedas Yang Dikonsumsi Mengandung Tinggi Lemak
Cabai memiliki kandungan minyak alami yang ditransfer ke dalam kulit saat kita mengkonsumsi makanan pedas, inilah salah satu penyebab jerawat. Selain itu jika kita mengkonsumsi menu makanan pedas yang mengandung tinggi lemak, seperti masakan padang, gulai, dan lainnya yang pedas dan bersantan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu sumber lemak dari luar yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

3. Konsumsinya Tidak Diimbangi Dengan Makanan Sehat Yang Tinggi Serat Dan Anti Oksidant
Untuk keseimbangan dan membuat kulit menjadi lebih sehat, imbangi dengan konsumsi banyak sayur, buah yang tinggi anti oksidan dan serat. Dengan begitu akan mengontrol produksi minyak di dalam tubuh, dan menghalau radikal penyebab jerawat. Selain itu serat dapat mengikat lemak pada makanan pedas yang dikonsumsi, sehingga tidak sempat diserap tubuh dan tidak menimbulkan jerawat. Di situlah pentingnya konsumsi buah dan sayur dalam usaha pencegahan jerawat pada wajah.

4. Makan Makanan pedas Secara Berlebihan
Makan makanan pedas secara berlebihan bisa meningkatkan hormone androgen yang memicu produksi minyak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jadi jangan konsumsi makanan peda secara berlebihan jika tidak ingin berjerawat pada wajah. Konsumsi sewajarnya saja dan imbangi dengan buah dan sayur serta air putih, agar pola makanmu tetap sehat dan tidak menimbulkan masalah pencernaan.

5. Tidak Membersihkan Muka Setelah Berkeringat Akibat Makanan Pedas
Pada saat kamu makan makanan pedas, pasti kamu banyak berkeringat dan pada saat inilah pori-pori kulitmu terbuka lebar. Jika kamu tidak membersihkan wajah setelah konsumsi makanan peda, pori-pori yang terbuka rentan tersumbat kotoran dari luar, dan menimbulkan jerawat.

Apa Perawatan Kulit Berjerawat Yang Efektif Jika Jerawat Terlanjur Timbul?
Makanan peda memang sangat menggoda untuk dikonsumsi, apalagi jika kamu penggemar makanan pedas. Namun berhati-hatilah jika tidak ingin makanan pedas menimbulkan jerawat pada kulitmu. Jika kamu terlanjur berjerawat bagaimana, apa yang bisa kamu lakukan?
Kamu bisa mencoba Green Tea Ace Control dari Larissa Aesthetic Center untuk mengatasi kulit wajahmu yang berjerawat karena makanan pedas. Perawatan ini mengandung extract green tea yang cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit berminyak berjerawat.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like