Mitos Atau Fakta, Makanan-Makanan Ini Sebabkan Jerawat?

0 Shares
0
0
0

Selama ini beredar mitos di masyarakat yang menyatakan bahwa makanan dapat menyebabkan jerawat. Hal ini tentu membuat orang berpikir dua kali untuk memakan makanan tersebut meski rasanya sangat lezat. Beberapa makanan tersebut yaitu kacang, susu dan olahannya, coklat, dan karbohidrat. Apakah kamu juga menganggap makanan tersebut menyebabkan jerawat? Eitss, tunggu dulu! Nggak semua makanan tersebut menyebabkan jerawat, lho. Beberapa makanan tersebut justru bagus untuk kulit. Yuk, simak informasi kebenaran makanan penyebab jerawat berikut ini.

1. Kacang
Selain enak, makanan ringan satu ini diduga jadi biang keladi penyebab jerawat. Hasil riset dari Americcan Academy of Dermatology membuktikan bahwa anggapan kacang dapat menyebabkan jerawat hanya sebuah mitos belaka. Emang sih, kacang mengandung banyak lemak. Tapi, kandungan ini nggak sampai menyebabkan lemak menumpuk atau menyumbat pori-pori kulit kok.

Faktanya, kacang justru bisa membantu tubuhmu untuk melawan radikal bebas yang mengincar kesehatan kulit. Lho kok bisa? Sebab, kacang mengandung vitamin A dan E, serta flavonoid yang mampu bertindak sebagai antioksidan. Dengan demikian, kulitmu terhindar dari berbagai masalah kulit, terutama penuaan dini akibat serangan radikal bebas.

BACA JUGA: Supaya Kulit Nggak Menghitam Akibat Paparan Sinar Matahari Lakukan Ini Untuk Kulitmu

2. Susu Dan Olahannya
Pakar kesehatan dari Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, MD, menyatakan bahwa jerawat timbul akibat peradangan pada kulit. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri di folikel dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Susu adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit tersebut. Mengapa demikian? Ternyata nih, kandungan susu bisa bereaksi dengan hormon terstosteron. Reaksi ini mampu meningkatkan produksi sebum pada kulit kita, lho. Kalau udah gini, kamu tahu yang akan terjadi selanjutnya kan? Ya, sebum meningkat dan dapat menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan jerawat. Jadi, anggapan susu dan olahannya dapat menyebabkan jerawat adalah fakta ya, kecuali yogurt. Yogurt justru baik untuk kesehatan kulit karena kaya akan probiotik dan bisa mengendalikan jerawat berkembang di wajah.

3. Coklat
Siapa yang nggak suka makanan manis dan legit ini? Banyak orang yang menyukainya. Tapi, banyak juga yang menghindari makanan satu ini. Apalagi alasannya kalau bukan adanya anggapan masyarakat bahwa makanan ini adalah salah satu faktor penyebab jerawat.

Faktanya nih, nggak ada satu penelitian pun yang dapat membuktikan hal ini. Berbagai penelitian justru mengungkapkan hal yang bertolak belakang, lho. Menurut penelitian, coklat sangat baik untuk kecantikan. Lho kok bisa? Sebab, coklat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain mampu melawan berbagai radikal bebas dan bakteri yang menyebabkan masalah kulit, coklat bisa membantu mengencangkan kulit sehingga terlihat muda dan segar. Tapi, hal ini berlaku untuk coklat yang belum dicampur bahan macam-macam, ya.

4. Kue Dan Soda
Institusi Colorado State University Department of Health and Exercise meneliti 1300 orang penduduk Kitivan di Papua New Guinea. Penduduk tersebut puasa manis dan juga karbohidrat. Jadi, keseharian mereka hanya mengkonsumsi buah, ikan, dan daging yang dimasak secara tradisional. Hasilnya, nggak ada satu pun orang yang mengalami masalah jerawat meski hanya satu buah.

BACA JUGA: Wah, Jadi Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit di Malam Hari

Yups, mengkonsumsi terlalu banyak gula ternyata dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah. Hal inilah yang memicu produksi hormon androgen yang membuat kulit jadi berminyak. Hal serupa juga dinyatakan oleh Howard Murad, seorang profesor dari UCLA School of Medicine. Nah, hal ini tentu bisa menjelaskan mengapa penduduk Papua New Guinea tersebut terbebas dari jerawat. Jadi, dapat disimpulkan makanan kaya akan gula seperti kue dan soda memang dapat menyebabkan jerawat.

Ternyata nggak semua mitos makanan penyebab jerawat benar ya. Tapi, jika jerawat sudah terlanjur eksis di kulit wajah, kamu harus segera mengatasinya, ya! Kamu bisa memilih treatment green tea facial dan menggunakan produk New Green Tea Acne Control Series dari Larissa Aesthetic Center. Produk ini terbuat dari bahan alami yaitu green tea yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan cocok juga untuk kulit berminyak. Jadi nggak pusing-pusing lagi deh sama yang namanya jerawat dan kulit berminyak.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like