Penyebab Menumpuknya Sel Kulit Mati Di Wajah

0 Shares
0
0
0

Wajah yang kusam bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik. Apakah kamu salah satunya yang memiliki wajah kusam padahal sudah melakukan perawatan rutin di rumah? Wajah kusam dapat disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di wajah sehingga membuatnya terlihat kurang cerah. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab menumpuknya sel kulit mati di wajah, diantaranya:

1. Kurang Maksimal Ketika Membersihkan Wajah
Setelah pulang bekerja pastinya tubuh kamu langsung lelah dan rasanya ingin segera beristirahat ya? Tidak heran bila banyak yang tidak membersihkan wajah terlebih dahulu setelah bekerja. Ada pula yang membersihkan wajah namun tidak maksimal. Hasilnya sisa make up, polusi dan kotoran serta minyak masih tersisa di wajah dan menyumbat pori-pori. Hal ini membuat kotoran menghalangi proses pergantian kulit sehingga sel kulit mati menumpuk di wajah dan menyebabkan wajah kusam.

2. Iklim Yang Kurang Kondusif
Penyebab menumpuknya sel kulit mati di wajah bisa disebabkan karena faktor iklim atau cuaca. Yah ketika kamu berada di iklim dengan kondisi kering, suhunya rendah atau dingin hal ini akan menyebabkan kelembapan pada kulit semakin menurun. Jika kamu tidak menggunakan moisturizer yang sesuai kulit kering bisa jadi masalah di kulitmu dan berujung pada penumpukan sel-sel kulit mati.

Namun kondisi iklim yang panas juga bisa berpengaruh pada kelembapan kulit lho. Ujungnya masih sama yang itu mempengaruhi proses regenerasi kulit dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu apa pun iklim yang sedang terjadi pastikan kamu sudah menggunakan produk pelembab untuk kulit agar tidak mudah kering.

BACA JUGA: Treatment Yang Ampuh Menyingkirkan Racun Di Wajah

3. Tidak Menggunakan Mousturizer
Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan moisturizer dapat menghambat kemampuan kulit untuk eksfoliasi. Padahal sebenarnya, moisturizer dapat membantu kulit melakukan eksfoliasi dengan lebih baik. Ketika kulit kamu kering maka kulit mengelupas lebih parah di bandingkan ketika kulit lembab. Selain itu kulit kering lebih rentan terhadap penumpukan sel-sel kulit mati. Hal ini terjadi karena kulit yang kering membentuk lapisan kulit dan memerangkap sel kulit mati di bawahnya.

4. Melewatkan Eksfoliasi
Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka saja ternyata belum cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu harus melakukan eksfoliasi untuk membantu kulit regenerasi lebih maksimal. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Pengangkatan ini bisa menggunakan scrub yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan cara eksfoliasi ini mampu membersihkan sel kulit mati lebih baik di bandingkan hanya mencuci muka saja. Sebaiknya kamu lakukan eksfoliasi setidaknya 2 kali dalam seminggu agar kulit hati terangkat.

5. Usia Yang Bertambah
Biasanya kulit manusia akan melakukan regenerasi setiap 28 hingga 30 hati sekali. Namun seiring dengan bertambahnya usia, rentan waktu regenerasi ini pun akan semakin panjang. Hal ini menjadikan kemampuan regenerasi kulit semakin menurun ketika kamu bertambah tua. Sel-sel kulit mati pun mengalami penumpukan karena tidak bisa diangkat secara maksimal. Jadi jarang heran bila kulit kamu jadi lebih kusam seiring dengan bertambahnya usia.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab menumpuknya sel kulit mati di wajah. Agar kulit wajahmu kembali cerah dan sel-sel mati bisa di atasi, kamu harus melakukan facial secara rutin. Tenang, nggak harus sesering yang kamu pikirkan kok, cukup melakukan facial 1-2 kali dalam sebulan agar sel kulit mati terangkat dengan sempurna dan kulitmu bisa kembali cerah alami. Kira-kira kapan nih terakhir kamu facial? Coba dinget-inget deh.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like