Tips Beauty, Tips Perawatan Wajah

Perawatan Wajah Berminyak Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan

Nggak sedikit wanita yang pengen ngilangin minyak dengan cara sering cuci muka. Faktanya, perawatan wajah ini nggak boleh dilakukan. Mengapa demikian? Sebab terlalu sering cuci muka bisa bikin masalah kulit baru, yaitu jerawat. Lho kok bisa? Kira-kira apa sih yang menyebabkan hal ini? Yuk, simak ulasan lebih lanjut mengenai cara merawat wajah berminyak yang boleh dan nggak boleh dilakukan berikut ini.

Perawatan Wajah Yang Boleh Dilakukan Untuk Kulit Berminyak

1. Gunakan Retinoid Saat Malam Hari
Apa sih retinoid? Retinoid merupakan derivat vitamin A yang biasanya diresepkan oleh para dokter buat ngatasin berbagai masalah kulit. Salah satu manfaatnya yaitu mengontrol minyak berlebih di kulit. Dengan perawatan yang rutin, masalah kulit berminyakmu bisa segera diatasi. Bahkan, bahan ini juga efektif mengurangi komedo dan nurunin produksi sebum, lho. Alhasil, berbagai gangguan kulit terutama jerawat enggan bersarang di kulitmu. Tapi, jangan memakai bahan kimia ini sembarangan yah. Sebelum menggunakannya kamu harus konsultasi dengan dokter dulu.

2. Selalu Siap Blotting Paper (Kertas Penyerap Minyak)
Jadi seorang wanita emang nggak gampang. Kita dituntut selalu tampil oke. Salah satu caranya yaitu dengan pakai make up. Nah, buat kamu si pemilik kulit berminyak, hal ini tentu jadi permasalahan tersendiri? Megapa demikian? Nggak lucu kan kalau pakai make up tapi muka kaya kilang minyak. Bisa-bisa make up cepet luntur. Cuci muka juga nggak memungkinkan, butuh waktu lama buat benerin make up tersebut. Oleh karena itu, salah satu caranya yaitu selalu siap blotting paper kemana pun kamu melangkah. Dengan demikian, kamu bisa menyerap minyak ekstra di kulit tanpa mencuci wajah atau mengiritasinya.

BACA JUGA: Resah Dengan Jerawat Di Wajah? Ini Dia Manfaat Strawberry Untuk Wajah Berjerawat

3. Masker Dan Skincare Dari Bahan Alami
Wajah berminyak juga bisa diatasi dengan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa kamu jadiin masker untuk kulit berminyak. Beberapa diantaranya yaitu lemon, mentimun, tomat, dan lain sebagainya. Berbagai bahan alami tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang mampu memperbaiki dan menutrisi kulitmu. Dengan demikian, kulit sehatmu akan kembali deh.

Selain masker, kamu juga wajib banget menggunakan skincare rutin khusus kulit berminyak. Daripada pakai skincare dari bahan kimia yang belum tentu keamanannya, akan lebih baik jika kamu pakai skincare alami. Mengapa demikian? Karena khasiatnya nggak kalah dengan bahan kimia kok. Bedanya bahan alami lebih aman untuk kulitmu karena minim risiko buruk layaknya bahan kimia.

Perawatan Wajah Yang Nggak Boleh Dilakukan Untuk Kulit Berminyak

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah
Kulit berminyak nggak disebabkan oleh kotoran sehingga sering mencuci wajah bukan solusi yang tepat. Justru mencuci wajah terlalu sering bisa ngilangin minyak esensial yang ada di kulitmu lho. Padahal minyak ini berfungsi sebagai perlindungan. Kalau minyak ini hilang, kulitmu bakal rentan mengalami berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat. Jadi, jangan cuci muka berlebihan, cukup dua kali sehari aja, ya.

BACA JUGA: Masih Tergoda Memutihkan Wajah Secara Instan? Ini Efek Sampingnya

2. Jangan Menggunakan Pelembab Berlebihan
Pelembab bisa bikin masalah kulitmu kian memburuk. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam menggunakan pelembab. Jika ingin pakai pelembab, pelembab oil free tepat banget kamu pilih.

Kini udah paham cara mengatasi wajah berminyak yang boleh dan nggak boleh kamu lakuin kan? Selain beberapa cara di atas, kamu bisa ngatasin masalah kulitmu dengan treatment facial blueberry. Selain efektif mengontrol minyak di kulitmu, facial ini bisa bermanfaat buat memperbaiki kulit akibat serangan matahari. Bahkan, pori-pori kulitmu bisa mengecil dan kulit wajah jadi seger, lho. Nggak percaya? Saatnya kamu bisa buktiin sendiri ya.

Pengunjung Juga Membaca

  • perawatan kulit berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *