Pekerjaan anda akan mengisi sebagian besar hidup anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang anda yakini, yaitu pekerjaan besar. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang anda lakukan. Jika anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan berdiam diri. Seperti dengan semua masalah hati, anda akan tahu bila anda telah menemukannya. – Steve Jobs

Apakah anda seorang wiraswasta atau pekerja kantoran, anda mungkin menghabiskan kurang lebih 8 jam kerja sehari di tempat kerja. Jika anda menambahkan waktu perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya, mungkin akan menjadi 10 jam sehari.

Katakanlah anda perlu tidur delapan jam setiap malam, itu berarti dari waktu yang tersedia, anda menghabiskan sekitar 63% waktu anda di tempat kerja, atau dengan kata lain sebagian besar hidup anda untuk bekerja.

Jika anda akan menghabiskan sebagian besar waktu pada sesuatu, sebaiknya anda memastikan bahwa anda menikmati apa yang anda lakukan. Anda hanya memiliki satu kesempatan hidup.

Berikut adalah beberapa tanda kunci yang memperlihatkan anda mencintai atau menikmati apa yang anda lakukan di tempat kerja:

1. Waktu berlalu dan anda tidak menyadari.

Anda melakukan sesuatu bagaikan arus dan anda tidak menyadarinya. Waktu benar-benar berlalu, anda melupakan rasa khawatir anda dan tugas-tugas lainnya Hal ini terjadi ketika anda melakukan sesuatu yang benar-benar menyenangkan (seperti bermain musik yang anda suka) atau bersama dengan seseorang yang anda sayangi.

Hal ini juga berlaku sama untuk pekerjaan yang benar-benar anda sukai. Waktu begitu cepat berlalu dan ketika anda menyadarinya, hari telah gelap.

Dan poin pentingnya adalah anda melakukan semuanya dengan rasa suka cita.

2. Anda merasa seperti anda melakukan sesuatu yang bernilai. Anda merasa puas.

Manusia merasa senang ketika mereka terhubung dengan orang lain, dan juga ketika mereka memberikan atau membuat sesuatu yang bernilai. Tidak harus dalam arti menjadi seorang dokter yang dapat menyembuhkan penyakit kanker (tentu saja itu akan menjadi hal yang luar biasa!); itu bisa lebih sederhana seperti menjadi seorang tukang ojek atau apapun itu yang orang lain inginkan atau butuhkan. Apapun pekerjaannya, anda merasa sangat bersyukur karena mampu membantu dan melayani orang lain. Anda merasa telah memberikan ide, bakat atau kemampuan terbaik anda.

Ini adalah sesuatu hal yang mendefinisikan bagaimana seseorang yang bahagia menjalani hidupnya, dan bagaimana anda juga dapat merasa bahagia setiap hari.

3. Anda sangat antusias untuk bangun di pagi hari.

Jika anda tidak bergembira ketika bangun di pagi hari, sesuatu yang salah mungkin terjadi. Tentu saja, setiap orang pernah memiliki hari-hari buruk dalam hidupnya. Tetapi jika anda terus-menerus takut untuk pergi bekerja, mungkin sudah saatnya untuk berubah.

Apa pun pekerjaan yang anda lakukan, harus dapat membuat anda bersemangat untuk bangun di pagi hari dan bergerak cepat.

4. Bawahan dan atasan dipandang sebagai partner untuk memberikan dan menghasilkan sesuatu.

Ketika anda melihat rekan kerja anda bukan sebagai orang-orang yang sekedar melakukan yang anda minta, maka anda berada di tempat yang tepat. Anda harus melihat mereka sebagai partner dimana anda dan mereka dapat membuat sesuatu hal yang besar. Mungkin anda bukanlah seorang atasan dengan pangkat tinggi, namun anda percaya dengan apa yang anda lakukan, dan anda menyukai bahwa anda harus berjuang bersama-sama dengan mereka mewujudkan apa yang anda telah anda rencanakan menjadi kenyataan.

5. Anda tidak mengeluh

Banyak orang mengeluh tentang pekerjaan mereka:
“Ini terlalu awal untuk dikerjakan.”
“Ini terlalu banyak.”
“Saya tidak suka orang-orang yang bekerja dengan saya.”
“Saya benci apa yang saya lakukan.”

Jika anda terus-menerus mengeluh, anda perlu merubah pola pikir anda (mulai menghargai apa yang anda miliki) atau anda segera mencari pekerjaan lain dimana anda lebih bisa menikmati.

Dalam pekerjaan yang anda nikmati sekalipun, anda pasti pernah mengeluh tentang beban kerja atau tugas yang menjengkelkan. Namun secara keseluruhan anda mengetahui bahwa itu hanyalah rintangan kecil dibandingkan dengan kebahagiaan yang datang dari melakukan apa yang anda cintai.

6. Anda tidak keberatan jika harus berjuang

Pekerjaan dapat menjadi sebuah perjuangan. Penulis misalkan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengedit dan harus bekerja setiap hari. Seniman dapat menghasilkan lukisan dan dalam sekejap membuangnya ke tempat sampah. Insinyur membuat desain yang salah dan harus kembali menghitung angka-angka.

Namun ketika anda menikmati pekerjaan, anda tidak peduli, karena anda menyukai perjuangan. Anda dengan suka cita bangkit kembali, mengerjakan ulang untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. Tujuan akhir menghasilkan sesuatu yang menakjubkan adalah dengan menghargainya.

7. Anda merasa berenergi ketika anda berbicara tentang apa yang anda lakukan.

Ketika orang bertanya, “Apa yang anda lakukan?”, anda dengan bersemangat menceritakan apa yang sedang anda kerjakan. Itu adalah tanda bahwa anda mencintai apa yang anda lakukan dan anda ingin orang lain mengetahuinya.

8. Anda merasa bahwa pekerjaan anda mencerminkan siapa diri anda

Pekerjaan bukanlah sebuah pekerjaan ketika itu bukan lagi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pekerjaan yang sempurna adalah yang mencerminkan sesuatu dalam diri anda, dan membuat anda mampu menghasilkan kualitas output yang menakjubkan. Anda mengekspresikan diri dan merasa luar biasa dengan hasil pekerjaan anda.

9. Anda menemukan diri anda tertarik pada hal-hal tambahan yang sebetulnya tidak ditugaskan untuk anda.

Ketika anda benar-benar menikmati pekerjaan anda, anda tentu saja ingin belajar tentang perusahaan anda atau hal-hal yang mungkin anda tidak langsung bertanggung jawab atasnya, namun secara umum masih berhubungan dengan pekerjaan anda. Bahkan jika anda tidak perlu melakukan hal-hal tertentu, anda ingin mempelajari mereka lebih lanjut.

10. Anda merasa lelah pada akhir hari, namun anda merasa puas.

Ada perbedaan yang besar antara merasa lelah karena melakukan banyak pekerjaan dengan merasa lelah karena anda memang berjuang sekuat tenaga dalam melakukan pekerjaan anda dengan kemauan dan semangat yang tinggi. Jika anda merasa terpenuhi, puas, bahagia, serta menghasilkan sesuatu yang bernilai saat anda bekerja dan membuat anda lelah, berarti anda telah melakukannya dengan benar.

Ingatlah selalu:

Pekerjaan anda akan mengisi sebagian besar hidup anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang anda yakini, yaitu pekerjaan besar. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang anda lakukan. Jika anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan berdiam diri. Seperti dengan semua masalah hati, anda akan tahu bila anda telah menemukannya.
– Steve Jobs

(akuinginsukses.com)

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281