Ketahui mitos atau fakta seputar kehamilan agar kamu, Ibu hamil nggak salah mengartikan dan jadi takut untuk melakukan atau mengkonsumsi sesuatu.

Kehamilan pastinya menjadi moment spesial bagi setiap pasangan, terlebih perempuan. Tapi menjadi ibu hamil nyatanya nggak semudah yang dibayangkan, selain perut bertambah besar, sulit tidur, dan mengalami yang namanya ngidam, ibu hamil juga dibayang-bayangi dengan banyak hal yang nggak boleh dilakukan atau digunakan. Kebayang dong gimana ibu hamil bisa beraktivitas jika banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang masa kehamilan. Nah, sebenarnya apa aja sih mitos dan fakta yang wajib kamu, ibu hamil ketahui agar nggak bingung memahaminya.

1. Konsumsi buah nanas saat hamil

Mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah baik untuk tubuh. Tapi buah yang satu ini nyatanya dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Nanas ternyata menjadi buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil karena mitosnya bisa membuat bayi lahir prematur, bahkan memicu keguguran. Tapi seberapa benar ya hal ini? Ternyata, kandungan enzim bromealin pada nanas menjadi bisa melemahkan serviks dan dapat memicu terjadinya kelahiran terlalu dini (prematur). Selain itu, mengkonsumsi buah nanas yang terlalu muda dengan porsi yang juga banyak bisa memicu terjadinya keguguran. Itulah mengapa ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi buah nanas secara berlebih, terutama diusia kandungan masih di trimester pertama. Nah, gimana untuk kamu, ibu hamil yang pengen banget konsumsi buah nanas saat hamil? Tenang, kamu masih boleh kok mengkonsumsinya, asal dengan porsi yang sangat sedikit dan pilih buah nanas yang bener-benr matang ya.

2. Menggunakan kosmetik dan facial saat hamil

Umumnya setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit cerah, sehat, dan terawat, tidak terkecuali saat hamil. Saat hamil, hormon seorang perempuan akan mengalami perubahan. Perubahan hormon ini yang nantinya berdampak pada perubahan fisik seorang perempuan, seperti kulit menjadi kusam, berminyak, bahkan berjerawat yang sering menjadi penghalang seorang ibu hamil untuk tampil cantik. Nah, ternyata boleh loh kalau ibu hamil tetap menggunakan kosmetik dan melakukan facial. Selama kamu, ibu hamil melakukan konsultasi terlebih dahulu berkonsultasi dengan doketer ya.

3. Ibu hamil harus makan 2 porsi/lebih setiap kali makan

Seorang ibu hamil memang membutuhkan banyak nutris agar calon anak mendapatkan asupan yang cukup. Tapi bukan berarti ibu hamil harus makan dengan porsi yang banyak lho. Karena kesalahan pahaman inilah yang membuat banyak orang berpikir bahwa ibu hamil perlu menggemukkan badan dengan mengkonsumsi banyak makanan saat hamil. Seorang ibu hamil memang membutuhkan 2000 kalori perhari (dimasa kehamilan awal) yang nantinya akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun faktanya, Ibu hamil bisa kok mengganti porsi makanan dengan memperbanyak buah, sayur, kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang baik bagi perkembangan kehamilan. Selain baik untuk janin, makan-makanan tersebut juga bisa membantu untuk mengalami yang namanya kegemukan berlebih saat hamil.

4. Membacakan buku membuat bayi cerdas

Memperdengarkan musik dengan cara menempelkan earphone pada perut Ibu hamil ternyata bisa meningkatkan kinerja otak bayi yang sedang berkembang. Mengapa bisa? Karena sejak dulu musik menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Saat hamil, seorang ibu hamil memerlukan alunan musik yang bisa membuat perasaanya tetap nyaman dan bahagia. Nah, ternyata selain musik, membaca buku saat kondisi hamil tidak hanya meningkatkan kekuatan otak ibu hamil saja, juga berdampak baik pada keceradasan dan kemampuan berbahasa janin sejak dini.

Nah, udah tahukan tentang mitos atau fakta tentang kehamilan dan ibu hamil. Jadi jangan biarkan fakta mengalahkan mitos yang beredar di masyarakat ya, karena ibu hamil wajib bahagia dan tetap cantik selama kehamilannya.

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281