Jangan banyak makan cokelat lho, entar bisa gendut, jerawatan lagi! Eits tunggu dulu, ternyata dibalik ketakutan itu, cokelat kaya akan fakta menarik yang berkaitan dengan kesehatan wajah lho, salah satunya bisa melindungi wajah dari sinar matahari.

Ketenaran cokelat sebagai makanan manis yang enak dan mampu mengembalikan mood seseorang ternyata nggak hanya mitos. Pasalnya, kandungan gula dalam cokelat mampu menurunkan tingkat stres seseorang lho. Tapi mood hilang, apakah wajah justru jadi berjerawat? Nah, faktanya jerawat muncul di wajah bukan karena konsumsi cokelatnya, tapi karena perubahan hormon dalam tubuh dan pola hidup yang nggak sehat. Malah kabar baiknya, cokelat justru sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit lho. Coba deh simak 4 hal ini.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selain nikmat, cokelat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, lho. Salah satunya yaitu melebarkan pembuluh darah di dalam otak sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan. Nggak sampai di situ aja lho, apabila sirkulasi darah lancar secara otomatis nutrisi yang dikirim ke berbagai sel dalam tubuhmu juga menjadi lancar, termasuk sel-sel kulit. Dengan demikian, sel kulit dapat melakukan proses regenerasi secara optimal.

2. Melindungi Diri Dari Sinar Matahari

Kamu sering beraktivitas di luar ruangan? Atau sebentar-sebentar ke luar ruangan dengan menggunakan make up? Awass!!! Hal ini sangat berbahaya. Lho kok bisa? Selain banyak polusi, di luar ruangan juga rentan terkena cahaya sinar UV yang berbahaya bagi kulit, lho. Beberapa bahaya tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Sunburn yakni kulit jadi kemerahan dan kering
  • Kulit menjadi gelap karena sinar UV menyebabkan sel kulit melepaskan pigmennya sebagai respon perlindungan
  • Kanker kulit karena paparan sinar UV yang berlebihan dapat merusak materi genetik pada sel-sel kulit
  • Kulit tampak lebih tua karena sinar UV dapat merusak serat elastin dan kolagen pada kulit

Wahh, ternyata UV yang terkandung dalam sinar matahari sangat berbahaya, ya? Tapi kamu nggak perlu takut. Kamu bisa menghindari hal menakutkan tersebut dengan mengkonsumsi cokelat. Tanya mengapa? Karena cokelat mengandung antioksidan dan flavonoid yang membuat kulitmu menjadi lembut dan mampu melindunginya dari jahatnya sinar UV.

3. Menghambat Penuaan Dini

Radikal bebas di lingkungan memang sangat berbahaya karena dapat merusak sel-sel kulit. Hal ini dapat membuat kulit mengalami penuaan dini. Wahh, serem ya ? Tenang, karena cokelat bisa jadi super hero bagi kulit kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cokelat mengandung flavonoid. Nah, salah satu fungsinya adalah mengencangkan kulit tubuh sehingga kulit selalu tampak terlihat segar dan muda. Caranya mudah, kamu cukup melelehkan cokelat yang disiapkan dengan susu. Kemudian, aplikasikan ke wajah sebagai masker.

4. Detoksifikasi Kulit Dan Scrub Alami

Biasa menggunakan bahan kimia atau terpapar polusi? Kamu perlu banget melakukan detoks agar racun-racun yang mengendap di kulitmu dapat dikeluarkan. Nah, salah satu yang mampu melakukan hal tersebut adalah cokelat. Hal ini karena cokelat mengandung antioksidan yang dapat melawan berbagai racun yang berada dalam kulitmu. Bahkan, cokelat dapat kamu gunakan sebagai scrub. Caranya mudah yakni campurkan bubuk kopi dengan bubuk cokelat. Setelah itu, aplikasikan ke wajah sebagai scrub. Treatment ini bisa menghilangkan sel-sel kulitmu yang telah mati, lho. Dengan demikian, secara otomatis kulitmu menjadi lebih cerah dan bercahaya. Atau untuk kamu yang ingin dimanjakan dengan aroma dan manfaat cokelat, kamu bisa lakukan treatment Dark Chocolate facial untuk menghaluskan dan melembutkan wajahmu lho.

Nah, sebenarnya yang bisa memicu jerawat di wajah adalah tingginya konsumsi kadar gula dan lemak yang menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat sehingga mudah berjerawat. Sekarang kamu sudah nggak berpikir cokelat merupakan makanan penyebab jerawat kan? Justru cokelat sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi cokelat dalam jumlah banyak ya, karena sayang lho kalau kulitmu jadi berjerawat.

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Tweet